LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL

Vika Arwida, Vika Arwida (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT ELEKTRONIKA_13502247006_VIKA ARWIDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan yang selanjutnya disingkat PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimilikinya masing-masing. Selain sebagai tempat untuk mempraktikan ilmu pengetahuan, dengan adanya PPL ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori dan pendekatan yang diperoleh dari bangku kuliah menjadi sebuah pengalaman nyata. PPL dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Pramuka No. 62 Giwangan Yogyakarta, dari tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 19 September 2014. Dalam pelaksanaannya, PPL dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahap yang pertama adalah persiapan, berisi kegiatan : pembelajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi lingkungan sekolah dan kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Tahap yang kedua adalah pelaksanaan, di mana ada 2 kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, yaitu praktik mengajar dan praktik persekolahan. Sebelum melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa lebih dahulu menyiapkan rencana pembelajaran seperti RPP, materi dan media pembelajaran. Di akhir pelaksanaan PPL, guru pembimbing memberikan penilaian terhadap mahasiswa yang melaksanakan PPL. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa juga melaksanakan praktik persekolahan, yaitu kegiatan penunjang yang sejalan dengan program sekolah. Bentuk kegiatannya berupa : membantu kegiatan di perpustakaan, Membantu penerimaan peserta didik baru (PPDB), pendampingan dalam kegiatan FORTASI, pendampingan saat pesantren ramadhan, dan membantu kegiatan lain di sekolah. Kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah serta memperoleh pengetahuan membuat administrasi guru, ketrampilan, nilai, sikap dan perilaku seorang guru. Semoga kerja sama antara Universitas Universitas Negeri Yogyakarta dengan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dapat terus terjalin sehingga membuka peluang kerjasama di bidang yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL 2014, UNY, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Sep 2016 01:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41581

Actions (login required)

View Item View Item