Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Android dengan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik SMA Pokok Bahasan Ekosistem

Prihartina, Irma (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Android dengan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik SMA Pokok Bahasan Ekosistem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irma-prihartina-14725251017.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran biologi berbasis android dengan model problem solving pada pokok bahasan ekosistem, (2) mengetahui keefektifan modul pembelajaran biologi berbasis android dengan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik SMA pada pokok bahasan ekosistem, dan (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran biologi berbasis android dengan model problem solving dengan peserta didik yang menggunakan model problem solving tanpa modul android. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan design and development research. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA kelas X SMA Negeri 1 Terara, SMA Negeri 1 Sikur, dan SMA Negeri 2 Selong pada semester kedua Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil sebanyak 6 kelas yang terdiri atas 3 kelas eksperimen dan 3 kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa lembar kuesioner dan teknik tes. Lembar kuesioner digunakan untuk memvalidasi dan menilai kualitas produk yang dikembangkan dari aspek substansi, konstruksi, dan bahasa. Teknik tes menggunakan tes uraian pola divergen untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen peserta didik pada pokok bahasan ekosistem sebelum dan sesudah perlakuan. Validasi instrumen kemampuan berpikir divergen meliputi validitas isi melibatkan penilaian ahli dan validitas empiris yaitu penetapan fit item atau testi terhadap model yang dilakukan dengan bantuan program QUEST yang didasarkan pada besarnya nilai rata-rata INFIT MNSQ pada batas kisaran dari 0,77 sampai 1,30 . Hasil analisis diperoleh nilai rata-rata INFIT MNSQ 1,02 untuk case estimates dan 1,00 untuk item estimates. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovariansi (ANAKOVA) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis android dengan model problem solving pada pokok bahasan ekosistem dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan design and development research, (2) modul pembelajaran biologi berbasis android dengan model problem solving efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik SMA pokok bahasan ekosistem, dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran biologi berbasis android dengan model problem solving dengan peserta didik yang menggunakan model problem solving tanpa modul android. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Selain itu, hasil uji anakova pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa pretest signifikan dalam menjelaskan posttest yang ditunjukkan dengan nilai F=5,056; p< 0,05. Dengan demikian, modul pembelajaran biologi berbasis android dengan model problem solving efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik SMA pokok bahasan ekosistem.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, android, problem solving, berpikir divergen
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2016 08:50
Last Modified: 09 May 2019 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41567

Actions (login required)

View Item View Item