PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR TENTANG KESELAMATAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDKAN JASMANI SE-KEC. MANISRENGGO KAB. KLATEN PROV. JAWA TENGAH

Prihantoro, Dwijo Satriya Riski (2016) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR TENTANG KESELAMATAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDKAN JASMANI SE-KEC. MANISRENGGO KAB. KLATEN PROV. JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Dwijo Satriya Riski Prihantoro (12604224030).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena fasilitas atau sarana yang digunakan untuk pembelajaran pend. jasmani di beberapa sekolah dasar kurang layak, selain itu ada dua guru sekolah dasar yang terletak di Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah yang pemahaman tentang keselamatan dalam pembelajaran pend. jasmani kurang sesuai karena latar belakang pendidikannya bukan dari pend. jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik persepsi guru pend. jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar tentang keselamatan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pend. jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar yang secara administrasi sekolahnya dibawah naungan UPTD Kec. Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah dengan jumlah 29 guru dari 29 sekolah dasar. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen berupa kuesoner yang berbentuk angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase sebagai perhitungannya. Hasil penelitian persepsi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar tentang keselamatan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani se-Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah secara detail adalah sebagai berikut : 3 guru (10,345%) memiliki persepsi sangat baik, 6 guru (20,690%) memiliki persepsi baik, 11 guru (37,931%) memiliki persepsi cukup, 6 guru (20,690%) memiliki persepsi kurang baik dan 3 guru (10,345%) memiliki persepsi tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru penjasorkes, keselamatan peserta didik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41563

Actions (login required)

View Item View Item