ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN GARIS LURUS PADA BIDANG KOORDINAT

Sotyagung, Bonaventura Wastu and Murdanu, Murdanu (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN GARIS LURUS PADA BIDANG KOORDINAT. S1 thesis, UNY.

[img] Text
BAB 0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
ALTERNATIF JAWABAN SOAL URAIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
INSTRUMEN PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
SURAT IJIN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN VALIDASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
TABEL JUMLAH SISWA PADA KESALAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
TABEL KESALAHAN SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam menyelesaikan persoalan persamaan garis lurus. Kemampuan dalam pemahaman konsep dan prosedur penyelesaian mutlak diperlukan. Daya serap yang rendah pada ujian nasional serta penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan besarnya ketidakmampuan siswa dalam pemecahan masalah pada materi garis lurus. Analisis terhadap kesalahan siswa diperlukan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang ada sebagai acuan dalam perbaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan persoalan garis lurus pada bidang koordinat. Kesalahan penyelesaian berkaitan dengan kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Kesalahan dikaji berdasarkan indikator kesalahan konseptual dan prosedural menurut Kastolan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes uraian materi persamaan garis lurus. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk kesalahan konseptual dan prosedural yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal tes uraian persamaan garis lurus. Kesalahan konseptual yang ditemukan berupa: a) salah dalam menentukan rumus atau teorema atau definisi untuk menjawab suatu masalah, dilakukan oleh 16,87% siswa, b) penggunaan rumus, teorema, atau definisi yang tidak sesuai dengan kondisi prasyarat berlakunya rumus, teorema atau definisi tersebut, dilakukan oleh 5,24% siswa, c) tidak menuliskan rumus, teorema, atau definisi untuk menjawab suatu masalah, dilakukan oleh 30,77% siswa. Sedangkan kesalahan prosedural yang ditemukan berupa: a) ketidakhirarkisan langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah-masalah, dilakukan oleh 3,32% siswa, b) kesalahan atau ketidakmampuan manipulasi langkah-langkah untuk menjawab suatu masalah, dilakukan oleh 48,25% siswa. Kata kunci: analisis, kesalahan siswa, persamaan garis lurus, konseptual, prosedural

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41561

Actions (login required)

View Item View Item