Penggunaan Discovery Learning dan Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Instalasi Listrik Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Potensi Akademik Siswa SMK

Harsanti, Riski Putri (2016) Penggunaan Discovery Learning dan Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Instalasi Listrik Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Potensi Akademik Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riski-putri-harsanti-14702251072.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) peningkatan hasil belajar setelah digunakan pembelajaran model Discovery Learning untuk materi K3 Instalasi Listrik; (2) peningkatan hasil belajar setelah digunakan pembelajaran model Problem-Based Learning untuk materi K3 Instalasi Listrik; dan (3) perbedaan hasil belajar antara yang diajar dengan Discovery Learning dan yang diajar dengan Problem Based Learning jika kemampuan awal dan Potensi Akademik dikendalikan pada pembelajaran materi K3 Instalasi Listrik di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XITL1 (kelas kontrol) dan XITL3 (kelas eksperimen) Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta semester gasal tahun ajaran 2015/ 2016. Instrumen berupa soal tes pretest, posttest, dan tes potensi akademik. Analisis data menggunakan Anacova. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar penguasaan konsep yang dapat dicapai oleh siswa untuk materi K3 instalasi listrik dengan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan t=36.560, taraf signifikansi 0.000, dan gain score sebesar 0.410 yang berarti termasuk kategori sedang. Hasil belajar yang dapat dicapai oleh siswa untuk materi K3 Instalasi Listrik dengan pembelajaran menggunakan model Problem-Based Learning dengan t=42.038, taraf signifikansi 0.000, dan gain score sebesar 0.556 yang berarti termasuk kategori sedang. Ada perbedaan hasil belajar antara yang diajar dengan Discovery Learning dan yang diajar dengan Problem-Based Learning jika kemampuan awal dan potensi akademik dikendalikan pada pembelajaran materi K3 instalasi listrik di SMK dengan nilai r=0.539, F=13.018, taraf signifikansi 0.001, dan kontribusi kovarian sebesar 95.74%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, problem-based learning, hasil belajar, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) instalasi listrik, kemampuan awal, potensi akademik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2016 08:21
Last Modified: 22 Aug 2022 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41559

Actions (login required)

View Item View Item