Anwar, Maria Rahayu (2016) Faktor-Faktor Kesulitan Guru dalam Implementasi Penilaian Otentik di Sekolah Dasar Kabupaten Manggarai. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-maria-rahayu-anwar-12712251018.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan faktor-faktor kesulitan guru terkait aspek penilaian otentik di SD Kabupaten Manggarai, 2) menemukan faktor-faktor kesulitan guru terkait teknik penilaian otentik di SD Kabupaten Manggarai, dan 3) menemukan faktor-faktor kesulitan guru terkait langkah-langkah penilaian otentik di SD Kabupaten Manggarai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sumber data diperoleh dari 78 guru yang menjadi sampel penelitian yang tersebar di empat kecamatan, Penentuan sampel dilakukan dengan multistage random sampling. Pertama dengan memilih kecamatan secara acak, kedua memilih desa secara acak, ketiga memilih sekolah secara acak, dan keempat menentukan sampel untuk dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan instrumennya adalah angket aspek penilaian, angket teknik penilaian, dan angket langkah-langkah penilaian. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori dan analisis deskriptif. Hasil analisis tentang kesulitan guru dalam penilaian otentik dengan menggunakan SPSS 16 menemukan pada1) aspek penilaian terdapat enam faktor, yaitu: (a) penilaian aspek pengetahuan, aspek afektif, dan aspek keterampilan konkret tingkat rendah dengan nilai rata-rata 207,86; (b) keterampilan menerima, mengumpulkan dan mengomunikasikan informasi dengan nilai rata-rata 257; (c) keterampilan mengamati, meniru, membiasakan gerakan menjadi gerakan alami menjadi tindakan orisinal dengan nilai rata-rata 229,4; (d) aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan abstrak tingkat tinggi dengan nilai rata-rata 286; (e) kemampuan menghayati dan mengamalkan nilai dengan nilai rata-rata 234; dan(f) kemampuan keterampilan konkret mahir dengan nilai rata-rata 253; 2) teknik penilaian terdapat lima faktor, yaitu: (a) persiapan proyek berkelompok dan penilaian portofolio dengan nilai rata-rata 209; (b) penugasan berkelompok, penilaian jurnal, dan pelaksanaan proyek dengan nilai rata-rata 185; (c) observasi unjuk kerja dan pelaporan hasil proyek dengan nilai rata-rata 172; (d) penilaian antarteman dengan nilai rata-rata 221; dan (e) penugasan secara individu dan penilaian diri dengan nilai rata-rata 193; 3) langkah-langkah penilaian terdapat empat faktor, yaitu (a) penggunaan kata kerja operasional dan penentuan rumus pengolahan skor serta penilaian proses dan hasil dengan nilai rata-rata 179,75; (b) penentuan skor dan rubrik dalam menilai tugas otentik dengan nilai rata-rata 229,22; (c) penyusunan instrumen dan kriteria tugas otentik yang terukur dan teramati dengan nilai rata-rata 242,33; dan (d) penentuan aspek dalam rubrik penilaian tugas otentik dengan nilai rata-rata 205
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan guru, Penilaian otentik |
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 06:54 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41556 |
Actions (login required)
View Item |