Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta

Rahayu, Eka Pamuji (2016) Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-pamuji-rahayu-14717251002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) implementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam proses kegiatan pembelajaran. (2) hambatan-hambatan yang terjadi, dalam mengimplementasikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, dan (3) upaya-upaya yang dilakukan oleh Majelis Ibu Pawiyatan, kepala sekolah dan pendidik dalam meningkatkan proses kegiatan pembelajaran di Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Unit analisis yang utama adalah Taman Indria Ibu Pawiyatan dengan melibatkan Majelis Ibu Pawiyatan, kepala sekolah, pendidik, dan orang tua sebagai sumber primer dan dokumen-dokumen sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, meliputi: (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Taman indria Ibu Pawiyatan dalam kegiatan pembelajaran meliputi: (a) tujuan kegiatan pembelajaran yaitu untuk menuntun kodrat dan iradat anak, menuntun budi pekerti anak, memberikan pengetahuan yang berfaedah bagi anak, mendidik anak dari natur kearah kultur, (b) metode dalam kegiatan pembelajaran yaitu: metode among (ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani), metode sari swara, metode wiraga dan wirama (c) aspek bidang pengembangan yaitu pikiran, rasa, dan kemauan (Tri sakti), dan (d) sasaran usia yaitu mendidik anak dibawah 7 tahun; (2) hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Taman Indria Ibu Pawiyatan meliputi: (a) jumlah peserta didik yang sangat minim, (b) sarana prasarana yang kurang beraneka ragam terutama dalam penyediaan alat dan media pembelajaran. (c) pendidik yang latar belakangya bukan dari Tamansiswa, dan (d) kurangnya komunikasi antara Majelis Ibu Pawiyatan dengan pendidik Taman Indria, sehingga kebutuhan dan wawasan yang diperlukan Taman Indria kurang dikoordinasikan; (3) bentuk upaya-upaya yang dilakukan Majelis Ibu Pawiyatan, kepala sekolah dan pendidik dalam meningkatkan layanan di Taman Indria Ibu Pawiyatan meliputi: (a) upaya Majelis Ibu Pawiyatan memberikan kesempatan kepada pendidik mengikuti workshop, seminar tentang pendidikan anak usia dini, dan mendatangkan konsultan PAUD. (b) pendidik mengadakan pertemuan sarasehan dengan mengundang alumni-alumni Taman Indria, MIP dan orang tua. (c) mengaktifkan kembali komite sekolah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pemikiran Ki Hadjar Dewantara, Taman Indria
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2016 06:27
Last Modified: 09 May 2019 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41552

Actions (login required)

View Item View Item