Dampak Hasil Ujian Nasional Ekonomi terhadap Perbaikan Pembelajaran di SMA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Aprita, Yessica Mega (2016) Dampak Hasil Ujian Nasional Ekonomi terhadap Perbaikan Pembelajaran di SMA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yessica-mega-aprita-14701251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi mengenai dampak hasil Ujian Nasional terhadap perbaikan pembelajaran di SMA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melalui kegiatan pemanfaatan hasil UN oleh Guru Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei eksploratif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sumber data penelitian adalah data daya serap Ujian Nasional dari BSNP. Sampel penelitian berjumlah 64 sekolah menengah atas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket untuk Guru Ekonomi Kelas XII. Isi dari instrumen penelitian divalidasi berdasarkan pertimbangan ahli (expert judgement) dan validitas konstruk menggunakan model Rasch. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan Microsoft Excel dan model Rasch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Gunungkidul yang mempunyai rerata daya serap UN mata pelajaran Ekonomi terendah (rata-rata Tahun 2013, 2014 dan 2015) meraih tingkat pemanfaatan tertinggi pada hasil UN. Hal ini dikarenakan guru menyadari bahwa dari hasil UN tahun sebelumnya diketahui jika Kabupaten Gunungkidul memiliki nilai rata-rata UN Ekonomi terendah, sehingga guru berupaya lebih keras lagi dibandingkan keempat kabupaten yang lain. Berbeda dengan Kota Yogyakarta yang meraih rata-rata daya serap tertinggi (rata-rata Tahun 2013, 2014, dan 2015), tingkat pemanfaatan guru mengenai hasil UN menempati posisi terendah, hal ini dikarenakan hasil UN tahun sebelumnya Kota Yogyakarta selalu menempati peringkat teratas sehingga upaya guru di Kota Yogyakarta cenderung kurang bila dibandingkan dengan keempat kabupaten yang lain. Secara keseluruhan, ditemukan bahwa 68,75% guru Ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta telah optimal dalam kegiatan pemanfaatan hasil UN sehingga hasil UN berdampak positif dan atau sangat positif terhadap perbaikan pembelajaran, sedangkan 31,25% sisanya belum optimal dalam kegiatan pemanfaatan hasil UN

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: dampak, ujian nasional, pembelajaran ekonomi.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2016 06:22
Last Modified: 08 Mar 2022 05:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41551

Actions (login required)

View Item View Item