Diagnosis Kesalahan Konsep Materi Kimia SMA Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Provinsi Jambi

Sarwiningsih, Rida (2016) Diagnosis Kesalahan Konsep Materi Kimia SMA Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Provinsi Jambi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rida sarwiningsih-14701251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menentukan karakteristik butir perangkat UN Kimia 2014/2015 provinsi Jambi, (2) mendiagnosis kesalahan pemahaman konsep materi kimia berdasarkan hasil ujian nasional, dan (3) mengetahui letak kelemahan pemahaman konsep siswa pada materi kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian adalah lembar jawaban siswa dan lembar soal Ujian Nasional. Populasi penelitian berasal dari jumlah siswa SMA sebanyak 162 sekolah yang terdiri dari 132 berstatus Negeri dan 30 berstatus Swasta dengan jumlah 27.100 siswa di provinsi Jambi. Sampel penelitian ditentukan secara random berdasarkan paket UN yaitu paket UAE2210 dengan jumlah siswa sebanyak 5.081 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitian divalidasi berdasarkan pertimbangan ahli (expert judgement). Data hasil penelitian yang berupa lembar soal dianalisis menggunakan analisis konten, sedangkan data yang berupa respon siswa dianalisis menggunakan program R dengan CDM (Cognitive Diagnostic Models). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat10 butir soal mudah, 20 butir soal sedang, dan 10butir soal sulit dari hasil analisis menggunakan menggunakan teori tes klasik, sedangkan pada teori respon butir ditemukan35 butir soal baik dan 5butir soal tidak baik, (2) atribut yang mendasari butir soal UN SMA Kimia yaitu 96 atribut, meliputi 61 atribut isi, 35 atribut proses (keterampilan proses sains), kesalahan paling banyak pada materi sifat koligatif larutan dan stoikiometri, (3) letak kelemahan siswa pada kesalahan konsep yang paling dominan pada materi struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia adalah pada konsep dasar atom, sistem periodik, dan ikatan kimia, dan kesalahan prosedur yaitu pada kemampuan menentukan rumus senyawa berdasarkan konfigurasi elektron beberapa unsur, kemampuan menganalisis, menyimpulkan, kompetensi perhitungan, dan penggunaan rumus serta ketepatan penggunaan rumus

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Konsep, Atribut, Ujian Nasional Kimia SMA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2016 06:18
Last Modified: 30 Mar 2022 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41550

Actions (login required)

View Item View Item