Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Kemendikbud Matematika SMP Kelas VII Edisi Revisi 2014 dengan Kurikulum 2013.

Ramda, Apolonia Hendrice (2016) Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Kemendikbud Matematika SMP Kelas VII Edisi Revisi 2014 dengan Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-apolonia-hendrice-ramda-14709251072.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian buku teks Kemendikbud Matematika kelas VII edisi revisi 2014 dengan Kurikulum 2013 dilihat dari (1) Standar Isi, (2) Standar Proses, dan (3) Standar Penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis konten. Objek penelitian ini adalah materi buku yang terdapat dalam buku teks Matematika SMP kelas VII edisi revisi 2014 yang diterbitkan oleh Puskurbuk. Data dianalisis dengan menggunakan instrumen yang telah divalidasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pendefinisian unit, penentuan sampel, pencatatan, pereduksi data, penarikan kesimpulan, dan penarasian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian materi dalam buku dengan Standar Isi pada Kurikulum 2013 dilihat dari (1) cakupan materi adalah sebesar 90,91%. Pada cakupan materi dalam buku, tidak terdapat pokok bahasan Bidang Cartesius. (2) Kesesuaian KD adalah sebesar 95,45%. KD 3.7 yaitu mendeskripsikan lokasi benda dalam Koordinat Kartesius tidak terdapat dalam buku. (3) Keluasan materi adalah sebesar 90,91%. (4) Kedalaman materi adalah sebesar 90,91%. (5) Keakuratan materi adalah sebesar 81,82%. Ketidakakuratan materi dalam buku antara lain pengertian diagram Venn, perbandingan dua besaran atau lebih, kedudukan dua garis, penamaan sisi pada jajar genjang dan trapesium, pengertian belah ketupat dan jajar genjang, pengertian variabel, dan ketidakakuratan soal latihan pada pokok bahasan Bilangan. Selain itu terdapat ketidaksesuaian soal latihan dengan kognitif siswa kelas VII seperti pada pembuktian bilangan irasional. (6) Kesesuaian penyajian matei adalah sebesar 87,27%. Kesesuaian materi dalam buku dengan Standar Proses pada Kurikulum 2013 dilihat dari substansinya adalah sebesar 90,9%. Kesesuaian materi dalam buku dengan Standar Penilaian pada Kurikulum 2013 adalah sebesar 54,55%. Pada setiap pokok bahasan dalam buku tidak terdapat kunci jawaban setidaknya untuk beberapa soal yang terdapat pada latihan ataupun pada uji kompetensi. Selain itu, tidak terdapat pula tugas tidak terstruktur dalam setiap pokok bahasan. Hal ini kurang sesuai dengan tuntutan penilaian dalam Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Buku teks matematika, materi, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2016 06:15
Last Modified: 09 May 2019 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41549

Actions (login required)

View Item View Item