Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif dengan Tema “Cita-Citaku” Berbasis Nilai Karakter Disiplin dan Percaya Diri pada Peserta Didik Kelas IV di SD Percobaan 2

Daniastuti, Eti (2016) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif dengan Tema “Cita-Citaku” Berbasis Nilai Karakter Disiplin dan Percaya Diri pada Peserta Didik Kelas IV di SD Percobaan 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eti-daniastuti-12712251022.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik-integratif dengan tema “Cita-Citaku” berbasis nilai karakter disiplin dan percaya diri yang layak dan efektif untuk peserta didik kelas IV SD Percobaan 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian Recearch and Development (R & D), yang terdiri dari 9 tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi uji coba awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk uji coba lapangan, (8) uji lapangan, dan (9) revisi produk terakhir. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent-Group Pretest-Postest Design. Subjek uji coba awal pada penelitian ini sebanyak 3 orang siswa kelas IVA SD Percobaan 2. Subjek uji coba lapangan pada penelitian ini sebanyak 10 orang siswa kelas IVA SD Percobaan 2. Subjek uji lapangan pada kelas eksperimen adalah 30 orang siswa kelas IVA SD Percobaan 2 dan pada kelas kontrol adalah 30 orang siswa kelas IVB SD Percobaan 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian produk, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian produk bahan ajar untuk ahli materi dan ahli media, lembar observasi karakter digunakan untuk mengamati karakter disiplin dan percaya diri, serta pedoman wawancara digunakan sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar untuk mendapatkan data mengenai kelayakan dan kefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan bahan ajar ditunjukkan dengan penilaian “baik” oleh ahli materi dengan skor 120, penilaian “baik” oleh ahli media dengan skor 52. Keefektifan dibuktikan dengan hasil uji-t = t_hitung < t_tabel (-8,827 < 2,045) yang artinya bahwa kenaikan rerata skor signifikan dengan nilai p sebesar 0,000 untuk karakter disiplin dan untuk karakter percaya diri hasil uji-t = t_hitung < t_tabel (-5,957 < 2,045) yang artinya bahwa kenaikan rerata skor signifikan dengan nilai p sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, tematik-integratif, karakter disiplin, karakter percaya diri
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2016 06:11
Last Modified: 09 May 2019 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41548

Actions (login required)

View Item View Item