PENGEMBANGAN MODUL SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KARBURATOR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL

Kuncoro, Veri Hadi (2016) PENGEMBANGAN MODUL SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KARBURATOR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
a_Veri Hadi Kuncoro 12504241036.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KARBURATOR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL Oleh Very Hadi Kuncoro NIM. 12504241036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Sistem Bahan Bakar Bensin Karburator. Dan selanjutnya mengetahui kelayakan modul tersebut pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin dan Komponennya kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 2 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan pengembangan media pembelajaran berupa modul Pemeliharaan Mesin dan Komponennya Sistem Bahan Bakar Bensin Karburator pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin dan Komponennya untuk peserta didik kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 2 Tempel menggunakan metode Four-D oleh Thiagarajan dan Semmel yang telah dimodifikasi. Tahapantahapan yang digunakan dalam proses pengembangan modul yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebarluasan (disseminate). Pengumpulan data kelayakan dengan menggunakan angket dan observasi. Penelitian ini melibatkan ahli materi, ahli bahasa, ahli metode instruksional, guru mata pelajaran serta peserta didik untuk mendapatkan penilaian dan respon kelayakan modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: proses pengembangan modul Sistem Bahan Bakar Bensin Karburator berdasarkan tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebarluasan (disseminate). Hasil penilaian tingkat kelayakan modul yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 81,81% dengan kategori sangat layak. Sedangkan oleh ahli bahasa memperoleh tingkat kelayakan 84,61% dengan kategori sangat layak. Penilaian oleh ahli metode instruksional 88% dengan kategori sangat layak. Penilaian tingkat kelayakan oleh guru pengempu mata pelajaran 92,36% dengan kategri sangat layak. Dan respon dari peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Tempel sebesar 88,02% dengan kategori sangat layak. Sehingga itu menunjukan bahwa modul Sistem Bahan Bakar Bensin Karburator layak digunakan dan mampu untuk membantu proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Tempel. Kata kunci : modul pembelajaran, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Sistem Bahan Bakar Bensin Karburator.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Sep 2016 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 11:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41540

Actions (login required)

View Item View Item