PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SMP KELAS IX

Yuliana, Rina and Sugiyono, Sugiyono (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SMP KELAS IX. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
kepala.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi bangun ruang sisi lengkung SMP kelas IX yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk aspek kevalidan RPP dan LKS, angket respon siswa untuk aspek kepraktisan LKS, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk aspek kepraktisan RPP, dan soal tes hasil belajar untuk aspek keefektifan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan penilaian ahli materi dan guru matematika, RPP memenuhi kriteria „sangat valid‟ dengan skor rata-rata 4,46 dari skor maksimal 5, sedangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru matematika, LKS memenuhi kriteria „valid‟ dengan skor rata-rata 4,19 dari skor maksimal 5. RPP yang dikembangkan juga memenuhi kriteria „praktis‟ dengan rata-rata keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 96,92% berdasarkan penilaian guru, sedangkan LKS yang dikembangkan juga memenuhi kriteria „praktis‟ dengan skor rata-rata 2,93 dari skor rata-rata maksimal 4 berdasarkan penilaian siswa. Berdasarkan hasil tes evaluasi hasil belajar dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria „efektif‟ dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 75%. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Bangun Ruang Sisi Lengkung

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 11:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41539

Actions (login required)

View Item View Item