Yuliana, Rina and Sugiyono, Sugiyono (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SMP KELAS IX. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (341kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (176kB) | Preview |
|
![]() |
Text
kepala.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (36MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi bangun ruang sisi lengkung SMP kelas IX yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk aspek kevalidan RPP dan LKS, angket respon siswa untuk aspek kepraktisan LKS, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk aspek kepraktisan RPP, dan soal tes hasil belajar untuk aspek keefektifan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan penilaian ahli materi dan guru matematika, RPP memenuhi kriteria „sangat valid‟ dengan skor rata-rata 4,46 dari skor maksimal 5, sedangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru matematika, LKS memenuhi kriteria „valid‟ dengan skor rata-rata 4,19 dari skor maksimal 5. RPP yang dikembangkan juga memenuhi kriteria „praktis‟ dengan rata-rata keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 96,92% berdasarkan penilaian guru, sedangkan LKS yang dikembangkan juga memenuhi kriteria „praktis‟ dengan skor rata-rata 2,93 dari skor rata-rata maksimal 4 berdasarkan penilaian siswa. Berdasarkan hasil tes evaluasi hasil belajar dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria „efektif‟ dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 75%. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Bangun Ruang Sisi Lengkung
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 01:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |