PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TATA HIDANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) KELAS XI JASA BOGA DI SMKN 1 BAGOR NGANJUK

Supriyani, S (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TATA HIDANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) KELAS XI JASA BOGA DI SMKN 1 BAGOR NGANJUK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
A_Supriyani 12511241009.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TATA HIDANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) KELAS XI JASA BOGA DI SMKN 1 BAGOR NGANJUK Oleh : Supriyani NIM 12511241009 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Tata Hidang di SMKN 1 Bagor Nganjuk. (2) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran Tata Hidang di SMKN 1 Bagor Nganjuk dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams-Achievement Devisions (STAD). (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tata Hidang di SMKN 1 Bagor Nganjuk dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Juni 2016. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI Program Keahlian Jasa Boga SMK N 1 Bagor Nganjuk sebanyak 63 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 31 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 19 perempuan. Sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel yang diselidiki adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes,lembar observasi dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan program aplikasi iteman, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha dengan nilai koefisien > 0,7. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas terdapat 20 soal yang valid dan nilai reliabilitas sebesar 0,875 untuk soal siklus I dan 0,926 untuk soal siklus II. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah: (1) Penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD terdiri dari beberapa siklus dan masing-masing siklus mempunyai 4 komponen tindakan yang sama yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan dan Refleksi.(2) Persentase hasil keaktifan pada siklus I 62.67%. Pada siklus II keaktifan belajar mengalami peningkatan sebesar 25,69% menjadi 88,36%. (3) Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II. Pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,9032 dengan ketuntasan belajar 48,39% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 85,9677 dengan ketuntasan belajar 87,09%. Kata Kunci : Peningkatan, Keaktifan, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Sep 2016 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 11:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41536

Actions (login required)

View Item View Item