MINAT SISWA KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN BOLABASKET DI SMP NEGERI 2 LENDAH KABUPATEN KULON PROGO

Prasetyo, Ari (2016) MINAT SISWA KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN BOLABASKET DI SMP NEGERI 2 LENDAH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _ARI PRASETYO_ 12601244013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada saat pembelajaran bolabasket kelas VIII di SMP Negeri 2 Lendah, bahwa siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan masih terjadi ketidaksesuaian siswa dalam menggunakan bola basket seperti, bola basket yang ditendang-tendang. Hal inilah yang menjadikan peneliti tergugah untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas VIII terhadap pembelajaran bolabasket di SMP Negeri 2 Lendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lendah. Sampel berjumlah 48 responden yang diambil dengan teknik Proportionate Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket, hasil uji coba instrumen dari 35 butir pernyataan, gugur 1 butir pernyataan dan diperoleh 34 butir pernyataan yang valid dan reliabel dengan koefesien reliabilitas sebesar 0,931 yang dihitung dengan program SPSS. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa kelas VIII terhadap pembelajaran bolabasket di SMP Negeri 2 Lendah sebagian besar berada pada kategori sedang dengan rincian, yaitu (1) faktor keturunan masuk kategori sedang dengan 39,58%, sub indikator kemampuan masuk kategori sedang dengan 31,25%, sub indikator perangai masuk kategori sedang dengan 50%, sub indikator struktur fisik masuk kategori sedang dengan 43,75%, (2) faktor lingkungan masuk kategori sedang dengan 39.58%, sub indikator guru masuk kategori sedang dengan 41,67%, sub indikator fasilitas masuk kategori sedang dengan 47,92%, sub indikator teman sebaya masuk kategori sedang dengan 56,25%, (3) faktor dorongan orang tua masuk kategori rendah dengan 45,83%, dan (4) faktor kebiasaan/adat masuk kategori sedang dengan 47,92%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa, Pembelajaran, Bolabasket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 11:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41535

Actions (login required)

View Item View Item