FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM (TFL) DI SMK N 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Ridlo, Muhammad Sholeh (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM (TFL) DI SMK N 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
a_Muhammad Sholeh Ridho 10503244036.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat keterlaksanaan kurikulum 2013 pada kompetensi keahlian teknik fabrikasi logam di SMK N 1 Seyegan Sleman yang meliputi aspek guru/pendidik, sarana prasarana, bahan ajar serta peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 3 guru kompetensi TFL serta 4 siswa kompetensi TFL di SMK N 1 Seyegan Sleman. Teknik pengumpulan data mengggunakan observasi, wawancara dan pencermatan dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pelaksanaan kurikulum 2013 di SMK N 1 Seyegan telah berjalan selama dua tahun. Sosialisasi dan pelatihan dilakukan oleh pemerintah, Kemendiknas, dan masing-masing sekolah bagi guru dan pengurus sekolah. Pihak sekolah juga terus melakukan monitoring dan evaluasi K-13. SMK N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta menyusun suatu kebijakan dan program ialah dengan meningkatkan budaya kerja, pelatihan dan kegiatan ekstrakurikuler. (2) Faktor-faktor yang menghambat keterlaksanaan kurikulum 2013 di SMK N 1 Sleman Yogyakarta dilihat dari beberapa aspek yakni; dari aspek guru ialah kurangnya kegiatan sosialisasi dan kurangnya kesiapan guru. Pada aspek sarana prasarana ialah peralatan praktik yang belum memenuhi standar, kurangnya ruang bengkel, belum lengkapnya perlengkapan keamanan, peralatan sudah banyak yang telah usang, serta kurangnya bahan untuk praktik. Pada aspek bahan ajar ialah belum adanya bahan ajar/modul khusus pada kompetensi keahlian TFL. Pada aspek peserta didik hal yang menjadi kendala ialah jumlah jam pelajaran yang cukup panjang, selain itu kurangnya perlengkapan dan alat praktik yang dimiliki menjadikan siswa kurang bisa produktif dengan maksimal. Kata kunci: Kurikulum 2013, Faktor Penghambat, Kompetensi TFL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 11:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41531

Actions (login required)

View Item View Item