LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL

IKA FITRIANA, IKA FITRIANA (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Fitriana_Pend. Biologi_11304241031.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Program PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon guru/tenaga kependidikan. PPL juga dapat mengakomodir peran mahasiswa dalam rangka mendarmabaktikan ilmunya di lapangan secara langsung. Melalui kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama di bangku kulliah serta mendapatkan pengalaman langsung mengajar di dalam kelas/instansi sekolah, sehingga dapat menunjang profesionalisme mahasiswa kelak dalam tugasnya sebagai tenaga kependidikan. Setelah melakukan observasi kelas secara berkala yang dilakukan sejak penerjunan pada bulan Februari tahun 2014, dengan memperhatikan kondisi lingkungan, sarana dan prasarana serta psikologis/tingkah laku siswa-siswi SMAN 1 Piyungan secara umum, mahasiswa kemudian menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dirasa sesuai. Kegiatan pembelajaran berjalan dengan mengacu pada tuntutan kurikulum yang berlaku (kurikulum 2013). Pada pelaksanaannya, tidak semua tahapan/sintak-sintak pembelajaran dapat berjalan mulus seperti yang telah direncanakan, akan tetapi masih ada kesulitan terutama dalam memunculkan M2, yakni membuat siswa mau dan bisa mengemukakan pertanyaan yang jawabannya merupakan tujuan pembelajaran pada hari tersebut. Untuk itu, mahasiswa harus siap dengan stok pancingan pertanyaan maupun contoh-contoh yang dapat mengarahkan siswa agar mampu menanya sesuai yang diharapkan. Secara keseluruhan, PPL yang dilaksanakan di SMAN 1 Piyungan dapat berjalan lancar. Pelaksanaan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan tertib dan setelah dilakukan evaluasi/ulangan harian, meskipun tidak semua siswa mencapai standard KKM yang telah ditentukan, namun nilai siswa yang belum mencapai KKM tersebut rata-rata sudah mencapai 70.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Program PPL, Pembelajaran, Ulangan Harian
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:16
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41517

Actions (login required)

View Item View Item