ANALISIS TANGGAPAN GURU DAN SISWA SMK NASIONAL BERBAH TERHADAP MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIKOTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Hamzah, Haryadi Ardi (2016) ANALISIS TANGGAPAN GURU DAN SISWA SMK NASIONAL BERBAH TERHADAP MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIKOTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
a_Hariyadi Ardi Hamsah 12504247015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ANALISIS TANGGAPAN GURU DAN SISWA SMK NASIONAL BERBAH TERHADAP MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIKOTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Haryadi Ardi Hamsah NIM. 12504247015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tanggapan guru SMK Nasional Berbah terhadap mahasiswa praktik PPL UNY dalam perencanaan dan proses pembelajaran yaitu mengenai persiapan pembuatan RPP pembelajaran, proses pembelajaran, pengawasan dan menutup pembelajaran, (2) Tanggapan siswa SMK Nasional Berbah terhadap mahasiswa praktik PPL UNY dalam proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL di SMK Nasional Berbah yaitu mengenai kemampuan mahasiswa PPL dalam membuka pembelajaran, proses pembelajaran, pengawasan proses pembelajaran dan menutup pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan analisis data kualitatif, penelitian deskriptif merupakan penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi saat ini, baik tentang fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi dan atau perbandingan berbagai variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, karena penelitian ini memerlukan pengujian secara statistik.Penelitian kuantitatif menekankan pada data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Tanggapan guru SMK Nasional Berbah terhadap keterampilan mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta dalam penyusunan RPP dan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas didapatkan hasil rerata 3.22yaitu berada dalam kategori Baik (B), hal ini berarti bahwa dalam proses persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sudah mengacu terhadap isi dari RPP yang dibuat atau disusun, (2) Tanggapan siswa terhadap keterampilan mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta dalam proses pembelajaran di dapatkan hasil rerata sebesar 3.15 yaitu berada dalam kategori Baik (B), hal ini berartibahwa mahasiswa PPLselalu mengawali pembelajaran dengan hal-hal yang membuat siswa tertarik untuk memperhatikan pembelajaran yang disampaikan baik dalam kaitannya dengan pembukaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan penutupan proses pembelajaran. Kata kunci : Analisis tanggapan guru dan siswa SMK Nasional Berbah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 11:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41515

Actions (login required)

View Item View Item