[Ringkasan Skripsi] Pengembangan Sumber Belajar IPS Berbasis Website untuk SMP Kelas VII dengan Tema Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Prasetya, Ghani (2016) [Ringkasan Skripsi] Pengembangan Sumber Belajar IPS Berbasis Website untuk SMP Kelas VII dengan Tema Pemanfaatan Sumber Daya Alam. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
Ringkasan Skripsi Ghani Prasetya 09416244017.swf

Download (318kB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi sumber belajar mandiri berbasis website untuk IPS SMP kelas VII dengan materi pemanfaatan sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan sumber belajar IPS berbasis website IPS materi pemanfaatan sumber daya alam. 2) Mengetahui kelayakan sumber belajar IPS berbasis website materi pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru, dan tanggapan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jeruklegi, Cilacap. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk ahli media, ahli materi, dan guru IPS serta angket tanggapan siswa. Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa dengan bentuk skala likert untuk menentukan kategori kelayakan sumber belajar IPS interaktif berbasis website IPS materi pemanfaatan sumber daya alam. Sumber belajar IPS interaktif berbasis website materi pemanfaatan sumber daya alam dianggap layak untuk digunakan apabila validasi ahli materi, ahli media, guru IPS dan uji pemakaian media oleh siswa memperoleh rerata skor minimum >3,4 - 4,2 atau termasuk dalam kategori “baik”. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penelitian ini menghasilkan produk sumber belajar IPS interaktif berbasis website materi pemanfaatan sumber daya alam dengan beberapa tahap, yaitu tahap identifikasi, desain dan pengembangan, produksi dan evaluasi. 2) sumber belajar IPS interaktif berbasis website IPS materi pemanfaatan sumber daya alam layak untuk digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kategori Baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil validasi ahli materi dengan skor 3,80 atau kategori Baik; validasi ahli media dengan skor 3,40 atau kategori Baik; validasi oleh Guru IPS dengan skor 3,70 atau kategori Baik; dan tanggapan siswa pada uji coba lapangan dengan 4,13 atau kategori Baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 21 Sep 2016 00:59
Last Modified: 21 Sep 2016 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41509

Actions (login required)

View Item View Item