[Ringkasan Skripsi] PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH DENGAN TEMA POTENSI SUMBER DAYA ALAM INDONESIA PADA SISWA SMP KELAS VII

Ago, Ucok Ceri (2016) [Ringkasan Skripsi] PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH DENGAN TEMA POTENSI SUMBER DAYA ALAM INDONESIA PADA SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
ringkasan 09416244005.swf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi sumber belajar alternatif bagi siswa IPS SMP kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan sumber belajar IPS menggunakan adobe flash dengan tema potensi sumber daya alam Indonesia; 2) mengetahui kelayakan sumber belajar IPS menggunakan adobe flash dengan tema potensi sumber daya alam Indonesia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, penilaian guru IPS dan ujicoba terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model Borg & Gall yang disederhanakan yaitu: 1) tahap pengumpulan informasi; 2) tahap perencanaan; 3) validasi ahli materi; 4) pembuatan produk; 5) validasi ahli media; 6) penilaian guru IPS dan uji coba terhadap siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk ahli materi, ahli media, penilaian guru IPS dan angket uji coba terhadap siswa. Sumber belajar IPS menggunakan adobe flash dengan tema potensi sumber daya alam Indonesia dianggap layak untuk digunakan apabila hasil validasi ahli materi, validasi ahli media, penilaian guru IPS dan uji coba terhadap siswa memperoleh kategori rerata skor minimum “baik”. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penelitian ini menghasilkan produk sumber belajar IPS menggunakan adobe flash dengan tema potensi sumber daya alam Indonesia untuk siswa SMP kelas VII; 2) hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4 dengan kategori baik, hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kategori baik, hasil penilaian guru ips memperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kategori baik, hasil uji coba lapangan pada siswa memperoleh skor rata-rata 3,9 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut maka sumber belajar IPS menggunakan adobe flash dengan tema potensi sumber daya alam Indonesia dinyatakan layak digunakan dengan kateogiri baik. Kata kunci: sumber belajar, adobe flash, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 21 Sep 2016 00:50
Last Modified: 30 Jan 2019 11:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41505

Actions (login required)

View Item View Item