LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Fitrianifah, Dwi Nur Ashr (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana untuk membentuk tenaga kependidikan yang profesional serta siap untuk memasuki dunia pendidikan, sertamempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional sebagai seorang tenaga kependidikan.Padakesempatanini, praktikanmelaksanakankegiatan PPL di SMA Negeri 1 Piyungan yang beralamat di DusunKaranggayam, Desasitimulyo, KecamataanPiyungan, KabupatenBantul, Yogyakarta 551792 Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu dari kegiatan observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasai kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, penugasan dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus sampai 16 September 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal 8 kali dalam praktiknya dengan alokasi waktu 3x45 menit setiap pertemuan. Kegiatan PPL yang dilakukan oleh praktikan berupa mengajar di enam kelas X yaitu kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3 mata pelajaran geografi. Pada kegiatan PPL ini praktikan menggunakan Kurikulum 2013 di kelas X. Pada pengaplikasiannya, Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang sudah mulai diterapkan di sekolah-sekolah negeri se-Indonesia. Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran terpusat kepada peserta didik sedangkan guru hanya sebagai fasilitator kegiatan pembelajaran. Selain itu guru juga diharuskan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajarannya. Program PPL ini telah memberikan banyak manfaat bagi praktikan baik dari segi kegiatan mengajar maupun kegiatan lainnya di lingkungan sekolah. Dari kegiatan tersebut praktikan mampu menambah wawasan dan pengetahuan dalam proses kegiatan belajar di lingkungan sekolah serta mendapatkan pengalaman dalam pengembangan model pembelajaran yang lebih kreatif inovatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:14
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41501

Actions (login required)

View Item View Item