LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMA N 1 PIYUNGAN

Agoest Purnomo, Agoest Purnomo (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMA N 1 PIYUNGAN. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
judul-abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 2 3 .pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. PPL dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok PPL di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan sekolah. Di sini akan tampak peranan mahasiswa sebagai inovator, mediator, problem solver, dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas sekolah baik secara fisik maupun nonfisik. PPL dilaksanakan dilakukan pada tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMA Negeri 1 Piyungan yang beralamat di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta dengan jumlah mahasiswa 16 orang. Setelah dilakukan observasi dan mahasiswa mengamati kondisi yang ada, maka mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama masa PPL. Adapun program-program yang dilakasanakan berorientasi pada bidang akademik dan administrasi, baik yang sudah direncanakan maupun program yang tidak direncanakan atau insidental. Pada dasarnya seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, namun kendala tersebut dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama dari seluruh rekan-rekan serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi sehingga bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:14
Last Modified: 23 Sep 2016 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41499

Actions (login required)

View Item View Item