IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Rachmawati, Dewi (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
a_DEWI RACHMAWATI 12520241023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Dewi Rachmawati NIM 12520241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kompetensi sikap sosial siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ 3 semester genap tahun ajaran 2015/1016 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi kompetensi sikap sosial, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk analisis data yaitu dengan metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Perakitan Komputer dapat meningkatkan kompetensi sikap sosial dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kompetensi sikap sosial siswa pada siklus I sebesar 60,75% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 74,34%. Peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa terlihat dari rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,43% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 80,21. Peningkatan hasil belajar keterampilan siswa terlihat dari rata-rata kelas pada siklus I sebesar 77,59% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 80,92. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), kompetensi sikap sosial, hasil belajar, perakitan komputer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Sep 2016 06:09
Last Modified: 30 Jan 2019 11:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41475

Actions (login required)

View Item View Item