LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3 PURWOREJO

PRIO ADI NUGROHO, PRIO ADI NUGROHO (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER LAPORAN.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program wajib tempuh bagi mahasiswa. Program ini berkaitan dengan visualisasi kegiatan belajar mengajar yang sesungguhnya. Pada kesempatan ini, penulis mendapatkan tugas PPL di lokasi SMA Negeri 3 Purworejo. PPL ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas, kelas yang diobservasi adalah kelasXIIS 1. Kegiatan observasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya administrative dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administrative berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan PPL ini terdiri dari dua yaitu praktik mengajar dan membuat administrasinya. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 3Purworejo, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas X MIA 1, X IIS 1, XI MIA 1, XI MIA 3, dan XI IIS 2. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunakan media power point dan rekamansedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupaperformance, diskusi, tanya jawab, permainan dan kuis. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalammengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Harapan dari kegiatan PPL ini adalah semoga pengalaman yang diperoleh dapat menjadi bekal penulis untuk menjadi seorang pendidik kelak dan juga menjadi pengalaman mengabdi di masyarakat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: KKN, PPL, danmengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Sep 2016 01:12
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41468

Actions (login required)

View Item View Item