PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS X SMA

Dwi Haendarini, Andhita (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. SKRIPSI - ANDHITA DWI HENDARINI - 12201244043 - PBSI 2012 - FBS UNY.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.E SMA Negeri 1 Piyungan dengan jumlah 24 siswa. Penelitian difokuskan pada peningkatan proses dan hasil menulis cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes menulis cerita pendek, pengamatan, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran, yaitu siswa menjadi lebih aktif selama kegiatan belajar mengajar, siswa lebih percaya diri ketika mengutarakan pendapat, siswa lebih fokus saat guru memberikan materi, dan siswa lebih antusias ketika diberi tugas untuk menulis cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari perolehan nilai menulis cerita pendek siswa pada tahap pratindakan hingga siklus II. Perolehan nilai rata-rata pada tahap pratindakan, yaitu 60,74; sementara pada siklus I yaitu 70,19 yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 9,45 poin. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80,37 yang menunjukkan kembali terjadi peningkatan dibandingkan dengan tahap sebelumnya, yaitu sebesar 10,18 poin. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman mampu meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X.E SMA Negeri 1 Piyungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Sep 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 11:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41443

Actions (login required)

View Item View Item