PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Ghina, Safira (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
GHINA SAFIRA_12103241002.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan menggunakan teknik pembelajaran make a match pada anak tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman yang terdiri dari 3 anak. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan statistik deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Proses peningkatan kemampuan menulis permulaan menggunakan teknik pembelajaran make a match langkah-langkahnya yakni anak memasangkan gambar dan tulisan pada materi anggota tubuh bagian wajah yang telah didiktekan oleh guru dengan suasana yang menyenangkan. Untuk mengetahui kemampuan awal anak tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Hasil pratindakan subjek BD sebesar 40, subjek IL sebesar 55, dan subjek RG sebesar 50. Pada tindakan siklus 1 terjadi peningkatan pada subjek BD sebesar 55, subjek IL sebesar 80, dan subjek RG sebesar 65. Berdasarkan hasil refleksi siklus 1 terdapat satu subjek yang belum memenuhi kriteri ketuntasan minimum (KKM) yaitu subjek BD. Pada tindakan siklus 2 terjadi peningkatan pada subjek BD sebesar 80, subjek IL sebesar 85, dan subjek RG sebesar 75. Hasil penelitian siklus 2 menunjukkan bahwa hasil masing-masing subjek mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan sebesar 65, sehingga tindakan dihentikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 19 Sep 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41437

Actions (login required)

View Item View Item