UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL OPERASI BILANGAN MELALUI BENDA KONKRET DI KELOMPOK B TK TPA KUPU-KUPU KALASAN SLEMAN

Lutviani, Dasusanti (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL OPERASI BILANGAN MELALUI BENDA KONKRET DI KELOMPOK B TK TPA KUPU-KUPU KALASAN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi bilangan melalui benda konkret di Kelompok B TK TPA Kupu-kupu Kalasan Sleman. Benda konkret yang digunakan sesuai dengan tema pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan duasiklus dengan tema profesi dan air, udara, api. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK TPA Kupu-kupu Kalasan Sleman, dengan jumlah 12 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila minimal 75% dari jumlah anak mendapat nilai dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui benda konkret dapat meningkatkan kemampuan mengenal operasi bilangan anak Kelompok B di TK TPA Kupu-kupu Kalasan Sleman. Hasil Siklus I pada kemampuan mengenal operasi bilangan sebanyak 25% meningkat menjadi 83,33% pada Siklus II, hasil tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu apabila minimal 75% dari jumlah anak mendapat nilai dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Langkah-langkah pembelajarannya adalah: (1) guru menyediakan benda konkret, (2) guru memperlihatkan benda konkret, (3) guru menjelaskan cara mencari hasil operasi bilangan dengan benda konkret, (4) guru memberi contoh cara mencari hasil operasi bilangan dengan benda konkret, (5) guru membacakan soal operasi bilangan pada Siklus I dan pada Siklus II anak yang membacakan soal untuk anak yang mendapatkan giliran menghitung, (6) anak melakukan kegiatan dengan memindahkan, menggabung, atau mengurangi, dan menghitung dengan benda konkret, dan (7) anak menyebutkan hasilnya. Kata kunci:operasi bilangan, benda konkret, anak kelas B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Sep 2016 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41433

Actions (login required)

View Item View Item