TINGKAT KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Aditama, Surya (2016) TINGKAT KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kotagede sebagai pusat kota yang padat penduduk, area luas yang terbatas hal ini disebabkan kurang sesuainya ukuran lapangan dibandingkan jumlah siswa yang ada yaitu satu siswa minimal 3 meter, fasilitas untuk bergerak kurang memadai hal ini menyebabkan terbatasnya ruang gerak siswa baik di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan dalam belajar pendidikan jasmani olaahraga dan kesehatan siswa kelas V SD Negeri Se kecamatan Kotagede. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se kecamatan Kotagede. Jumlah siswa tesebut sebanyak 180 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi bagian total meghasilkan nilai 0,3936 dan uji reliabilitas instrumen menggunkan rumus Alpha Cronbach menghasilkan nilai 0,720. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan dalam belajar pendidikan penjas siswa kelas V di SD N Se Kecamatan Kotagede Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 adalah (0%) kategori sangat tinggi, 62 siswa (34,44%) kategori tinggi, 77 siswa (42,78%) kategori sedang, 19 siswa (10,56 %) kategori rendah dan 22 siswa (12,22%) kategori sangat rendah. Apabila di lihat dari frekuensi tiap kategori, dapat disimpulkan bahwa kesulitan dalam pembelajaran penjas siswa memiliki tingkat kesulitan pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesulitan, siswa, penjas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Sep 2016 00:46
Last Modified: 23 Sep 2016 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41416

Actions (login required)

View Item View Item