Evaluasi Program Pembelajaran dengan Bahasa Pengantar Bahasa Inggris di TK Sunshine

Rahayu, Dwi Hanti (2011) Evaluasi Program Pembelajaran dengan Bahasa Pengantar Bahasa Inggris di TK Sunshine. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-hanti-rahayu-05701251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran dengan bahasa pengantar bahasa Inggris di TK Sunshine. Lebih rinci, penelitian ini melihat aspek-aspek: (1) keadaan lingkungan, jalinan kerjasama, dan peran orang tua terhadap penyelenggaraan program; (2) karakteristik input anak didik, pendidik, pengelola, program pembelajaran, sarana prasarana pendidikan, dan faktor-faktor pendukung maupun faktor-faktor penghambat pelaksanaan program; (3) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris di TK Sunshine yang meliputi persiapan mengajar, strategi mengajar, metode mengajar, penggunaan media, dan penilaian (4) perkembangan bahasa Indonesia anak dan pencapaian penguasaan bahasa Inggris anak dengan diselenggarakannya program pembelajaran TK Sunshine. Subyek penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait dengan penyelenggaraan program TK Sunshine, meliputi anak didik, pengelola, kepala TK, pendidik, dan orang tua anak. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product) dari Stufflebeam. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Setiap instrumen telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk angket, validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, dan reliabilitas diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,850. Koefisien reliabilitas pedoman observasi sarana dan prasarana, pelaksanaan pembelajaran, dan kemampuan berbahasa masing-masing 0,9933; 0,9875; dan 0,9416. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing komponen yang dievaluasi, kemudian dibandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan berdasarkan rerata ideal dan simpangan baku ideal yang dicapai. Secara rinci, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keadaan lingkungan mendukung pelaksanaan program pembelajaran yang telah ditentukan, terdapat jalinan kerjasama yang baik antara TK Sunshine dengan instansi-instansi terkait, dukungan orang tua terhadap penyelenggaraan program baik; (2) karakteristik input anak didik sesuai dengan kriteria yang ditentukan, karakteristik pendidik termasuk kategori cukup, karakteristik pengelola termasuk kategori cukup; program pembelajaran tersedia dengan baik, ketersediaan sarana dan prasarana terkatagori baik, dan ditemukan beberapa faktor pendukung maupun faktor penghambat; (3) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik di TK Sunshine termasuk kategori baik, dan (4) perkembangan bahasa Indonesia anak termasuk kategori baik dan pencapaian penguasaan bahasa Inggris baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pembelajaran dengan bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2016 12:01
Last Modified: 03 Aug 2022 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41411

Actions (login required)

View Item View Item