ENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN GURU KIMIA SMA/MA UNTUK MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI DEMONSTRASI KIMIA BERBASIS PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) MATERI LAJU REAKSI, LARUTAN ASAM BASA, DAN SISTEM KOLOID

Widowati, Imas (2016) ENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN GURU KIMIA SMA/MA UNTUK MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI DEMONSTRASI KIMIA BERBASIS PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) MATERI LAJU REAKSI, LARUTAN ASAM BASA, DAN SISTEM KOLOID. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Skripsi_Imas Widowati_12303241029.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menentukan komponen struktur buku pengayaan guru kimia SMA/MA untuk membelajarkan keterampilan proses sains siswa melalui demonstrasi kimia berbasis Predict-Observe-Explain (POE) materi laju reaksi, larutan asam basa, dan sistem koloid, (2) mengetahui kualitas buku pengayaan tersebut berdasarkan komponen penilaian materi atau isi, penyajian, keterbacaan (bahasa dan gambar), dan grafika. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode campuran (mixed method research) dengan desain exploratory mixed method design, model instrument development model. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari empat tahap, yaitu kualitatif, pengembangan, kuantitatif, dan interpretasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner terbuka untuk memperoleh data masukan produk dan kuisioner checklist untuk memperoleh data skor penilaian produk dari 42 indikator penilaian. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa buku pengayaan guru yang telah dikembangkan memiliki komponen struktur, yaitu (1) bagian umum, (2) bagian awal buku, (3) bagian untuk siswa yang terdiri dari Lembar Kerja Siswa (LKS), (4) bagian penjelasan untuk guru, dan (5) Lampiran. Buku pengayaan guru yang dikembangkan merupakan buku yang diperuntukkan bagi guru kimia SMA/MA, sebagai panduan bagi guru dalam membelajarkan kimia laju reaksi, larutan asam basa, dan sistem koloid dengan teknik Predict-ObserveExplain (POE). Kualitas buku pengayaan termasuk kategori sangat baik dengan skor rata-rata 170,6.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Sep 2016 05:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41402

Actions (login required)

View Item View Item