PENGEMBANGAN MONOGRAF “AUGMENTED CHEMISTRY ALDEHIDA & KETON” BERILUSTRASI 3 DIMENSI (3D) SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN KIMIA

Damayanti, Latifah Adelina (2016) PENGEMBANGAN MONOGRAF “AUGMENTED CHEMISTRY ALDEHIDA & KETON” BERILUSTRASI 3 DIMENSI (3D) SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN KIMIA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Latifah Adelina Damayanti_12314244008.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui spesifikasi Monograf “Augmented Chemistry Aldehida & Keton” Berilustrasi 3 Dimensi (3D) Sebagai Suplemen Pembelajaran Kimia serta menentukan kualitas monograf tersebut berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk awal ditinjau oleh dosen pembimbing, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 3 peer reviewer. Kualitas monograf dinilai oleh reviewer, yaitu lima guru kimia SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari 5 aspek, yaitu aspek kelayakan isi/materi, penyajian, bahasa dan gambar, kegrafikaan, serta rekayasa perangkat lunak. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian dikonversi menjadi data kuantitatif untuk menentukan kualitas monograf tersebut. Hasil penelitian ini adalah monograf dengan judul “Augmented Chemistry Aldehida & Keton” Berilustrasi 3 Dimensi Sebagai Suplemen Pembelajaran Kimia berbasis Augmented Reality yang dilengkapi dengan marker. Berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA, buku pengayaan ini mempunyai kualitas sangat baik sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Sep 2016 04:26
Last Modified: 30 Jan 2019 10:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41397

Actions (login required)

View Item View Item