UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI SENAM IRAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI 21.1 SETDA KABUPATEN SRAGEN

Sari, Suci Permata (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI SENAM IRAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI 21.1 SETDA KABUPATEN SRAGEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SUCI PERMATA SARI_12105244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui senam irama pada anak kelompok A TK Pertiwi 21.1 Setda Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini semua anak kelompok A TK Pertiwi 21.1 setda Kabupaten Sragen, yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa senam irama dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok A di TK Pertiwi 21.1 Setda Kabupaten Sragen. Keterampilan dapat ditingkatkan melalui unsurunsur senam irama yaitu kelentukan, keseimbangan, keluwesan, kontinuitas gerakan, dan ketepatan. Hal tersebut dilihat dari pengamatan upaya meningkatkan keterampilan motorik kasar yang dilakukan pada tindakan siklus I dan siklus II diketahui ada peningkatan yaitu 51% - 75% dari jumlah anak sehingga masuk dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Sep 2016 00:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41391

Actions (login required)

View Item View Item