PERSEPSI GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Primawati, Tyas (2016) PERSEPSI GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tyas Primawati_12201241057.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Bahasa Indonesia terhadap kegiatan ekstrakurikuler teater di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta yang memiliki ekstrakurikuler teater. Metode yang digunakan untuk proses pengambilan data dalam penelitian ini adalah cross-sectional survey design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berjumlah 30 soal yang disusun berdasarkan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dalam bentuk deskriptif dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh responden adalah 90 atau sebanyak 75%. Nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kategori persepsi baik. Persepsi guru Bahasa Indonesia terhadap kegiatan ekstrakurikuler teater di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan enam indikator yaitu pengetahuan, minat, apresiasi, sikap, motivasi, dan harapan. Hasil rata-rata yang diperoleh pada indikator pengetahuan sebanyak 74,5%, minat 72%, apresiasi 77%, sikap 78%, motivasi 73%, dan harapan 74,5%. Semua hasil rata-rata indikator tersebut berada pada kategori baik. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi guru Bahasa Indonesia terhadap kegiatan ekstrakurikuler teater di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta adalah baik. Adanya kesamaan pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler teater dengan materi drama dalam pelajaran Bahasa Indonesia, menjadikan guru Bahasa Indonesia memberikan nilai positif serta mendukung adanya kegiatan ekstrakurikuler teater di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Sep 2016 00:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41365

Actions (login required)

View Item View Item