PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Mukarromah, Laili (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _LAILI MUKARROMAH_12201241065.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara, pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2, XI IPA 4, XI IPS 1, dan XI IPS 2, dan Bambang Mintaraga S.Pd sebagai guru pembelajaran Bahasa Indonesia kelas tersebut. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan dan perencanaan pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas XI. Setting penelitian di SMA Negeri 5 Yogyakarta pada bulan Maret sampai Mei 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan tanpa peranserta dengan intrumen pedoman pengamatan dan catatan lapangan, wawancara dengan instrumen pedoman wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kredibilitas penelitian diuji dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi pengumpulan data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara meliputi persiapan pembelajaran yang terdiri dari pembuatan silabus dan RPP. Pembuatan silabus dan RPP telah sesuai dengan format dan prinsip pembuatan silabus dan RPP berdasarkan kurikulum KTSP. Pelaksanaan pembelajaran berbicara yang dilihat dari komponen pembelajarannya:(1) tujuan pembelajaran diambil dari indikator setiap SKKD kompetensi berbicara;(2) materi pembelajaranberupa materi tentang presentasi dna penokohan dalam drama dan diskusi; (3) strategi pembelajaran yang digunakan adalah mandiri, terstruktur; (4) metode pembelajaran yang digunakan antara lain ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, dan demonstrasi/pemeragaan model; (5) media pembelajaran yang digunakan yaitu rekaman video, internet, jurnal, slide show, buku, dan perpustakaan; (6) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penilaian perfomansi melalui praktik dengan rubrik penilaian; (7) siswa berperan sebagai subjek pembelajaran yang aktif, kreatif, dan mandiri; (8) guru berperan sebagai fasilitator, motivator, pembimbing, dan evaluator. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran berbicara adalah faktor guru, siswa, sarana dan prasarana, dan lingkungan orga nisasi kelas dan iklim sosial psikologis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Sep 2016 00:39
Last Modified: 30 Jan 2019 10:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41357

Actions (login required)

View Item View Item