PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN

Ii Ayu Dewi Pusposari, Ii Ayu Dewi Pusposari (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ii Ayu Dewi P ( 11403244018).pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilaksanakan oleh mahasisiwa UNY. Kegiatan PPL ini mempunyai tujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PPL, penyusunan silabus, persiapan materi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soal-soal ulangan, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilakukan 2 kali tatap muka per minggu selama 4 minggu dengan 9 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan mengampu 3 kelas yaitu kelas XI AK1, XI AK2, dan XI AK 3, mengajar mata pelajaran Komputer Akuntansi dengan materi MYOB Accounting versi 17 untuk Perusahaan Jasa. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Klaten ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar walaupun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan seperti sulit untuk mengkondisikan kelas saat siswa ramai atau pada saat jam pelajaran terakhir karena siswa sudah merasa lelah dan ingin cepat pulang, adanya siswa yang tidak memperhatikan ketika mahasiswa praktikan sedang menjelaskan materi sehingga ketika diminta untuk praktik siswa tersebut tidak bisa. Namun, hambatan tersebut dapat diatasi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa yang ramai di kelas, melakukan intermezo atau game untuk menarik perhatian dan membangkitkan kembali semangat siswa. Peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL dan peran siswa selama kegiatan pembelajaran juga sangat membantu terlaksanannya kegiatan PPL ini dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 4 Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Sep 2016 01:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41348

Actions (login required)

View Item View Item