Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pemesinan Frais Berbasis Project-Based Learning untuk Siswa SMK Kelas XI Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Pengasih

Bawanto, Adi (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pemesinan Frais Berbasis Project-Based Learning untuk Siswa SMK Kelas XI Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Pengasih. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-adi-bawanto-14702251052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran teknik pemesinan frais berbasis proyek yang berkualitas, dan layak digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas XI paket keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pengasih; (2) mengevaluasi tingkat kelayakan modul yang dikembangkan; (3) mendeskipsikan tingkat respon siswa dan guru terhadap modul pembelajaran teknik pemesinan frais berbasis proyek yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengadopsi model pengembangan ADDIE, yang meliputi: (1) analyze, (2) design, (3) develop, (4) implement, (5) evaluate. Tahapan pengembangan produk terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi. Uji coba produk terdiri dari uji coba internal dan uji coba eksternal. Uji coba internal mencakup hasil evaluasi pada validasi produk dan instrument. Uji coba eskternal mencakup respon siswa terhadap modul pada materi pembuatan rack gear dan roda gigi lurus di SMK Negeri 2 Pengasih, observasi lapangan dan respon guru pada penggunaan modul. Data hasil uji coba dikumpulkan dengan angket, wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari kuisioner, modul, dan kumpulan dokumen. Subjek penelitian ini adalah 45 siswa kelas XI paket keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pengasih, dua orang validator instrumen, dua validator produk, dua orang guru dan satu orang observer. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik modul pembelajaran teknik pemesinan frais berbasis proyek mengacu kepada Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik; (2) produk berupa modul pembelajaran teknik pemesinan frais berbasis proyek dari segi materi dan media dinyatakan layak untuk digunakan; (3) respon siswa terhadap modul adalah sebagai berikut: 95,6% siswa menyatakan tertarik menggunakan modul, 20% siswa menyatakan modul sudah sangat baik dan tidak perlu perbaikan, 77,8% siswa menyatakan modul baik dan perlu perbaikan; dan respon guru terhadap modul teknik pemesinan frais berbasis proyek adalah baik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2016 07:44
Last Modified: 22 Aug 2022 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41334

Actions (login required)

View Item View Item