KEEFEKTIFAN STRATEGI MASTERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PLERET BANTUL

Hidayati, Erlina (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI MASTERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PLERET BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERLINA HIDAYATI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks argumentasi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Mastery Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi konvensional. (2) mengetahui keefektifan penggunaan strategi Mastery Learning efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks argumentasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret yang berjumlah 222. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan Kelas VIII E sebagai kelompok kontrol dan Kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen. Uji validitas dilakukan oleh expert judment. Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program SPSS versi 16.0 dan diperoleh nilai alpha sebesar 0,839. Data dikumpulkan menggunakan tes keterampilan membaca pemahaman teks argumentasi. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan postest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada program komputer SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan strategi Mastery learning dengan kelompok yang tidak menggunakan strategi Mastery learning yang ditunjukkan pada hasil uji-t, yaitu thit sebesar 0.243 dengan df 62 dan P sebesar 0.809. Nilai P lebih besar dari taraf signifikansi 5% (P>0,05≠signifikan). Kedua, strategi Mastery Learning terbukti tidak lebih efektif dibanding strategi konvensional yang digunakan pada kelompok kontrol. Selisih nilai gain score hanya 0,94 sedangkan nilai maksimal yang dapat dicapai siswa sebesar 40,00. Hal tersebut tidak dapat menunjukan tingkat efektifitas strategi Mastery Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 14 Sep 2016 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41325

Actions (login required)

View Item View Item