ANALISIS PENERAPAN PSAK NO. 59 DAN PSAK NO. 106 ATAS PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA PT. BPRS FORMES SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2015

Nur, Safarah Yahdiyani (2016) ANALISIS PENERAPAN PSAK NO. 59 DAN PSAK NO. 106 ATAS PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA PT. BPRS FORMES SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NUR_SAFARAH_YAHDIYANI_09412141020.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan akuntansi mengenai pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan laporan keuangan transaksi pembiayaan musyarakah dengan PSAK No. 59 dan PSAK No. 106 pada BPRS Formes Sleman, Yogyakarta tahun 2015. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah pembiayaan musyarakah pada BPRS Formes Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah BPRS Formes Sleman, Yogyakarta, sedangkan objek penelitian adalah pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan laporan keuangan transaksi pembiayaan musyarakah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan akuntansi pembiayaan musyarakah pada BPRS Formes Sleman, Yogyakarta yang meliputi: (1) pengakuan akuntansi terhadap pembiayaan musyarakah yang terdiri dari pengakuan investasi, pengakuan kerugian, pengakuan piutang dan pengakuan beban telah sesuai dengan PSAK No. 59 dan PSAK No. 106, namun, pengakuan keuntungan belum sesuai dengan PSAK No. 59 dan PSAK No. 106 karena dihitung berdasarkan proyeksi; (2) pengukuran akuntansi terhadap pembiayaan musyarakah telah sesuai dengan PSAK No. 59 dan PSAK No. 106; (3) penyajian akuntansi terhadap pembiayaan musyarakah belum sesuai dengan PSAK No. 59 dan PSAK No. 106, hal itu dikarenakan tidak adanya pengelompokkan unsurunsur neraca; dan (4) pengungkapan akuntansi terhadap pembiayaan musyarakah belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 59 dan PSAK No. 106, ketidaksesuaian tersebut yaitu tidak adanya pengungkapan penyisihan kerugian investasi musyarakah dan pengungkapan kerugian akibat penurunan nilai aktiva musyarakah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Musyarakah, PSAK No. 59, PSAK No. 106
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Sep 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41320

Actions (login required)

View Item View Item