PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM PADA KOMPETENSI DOKUMEN DANA KAS KECIL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Maulidina, Anbar (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM PADA KOMPETENSI DOKUMEN DANA KAS KECIL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANBAR MAULIDINA_12803244031.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil, 2) Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket atau kuesioner. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil melalui lima tahap yaitu: a) Tahap Analysis, b) Tahap Design, c) Tahap Development, d) Tahap Implementation, e) Tahap Evaluation. Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil berdasarkan penilaian oleh 3 Ahli Materi dan 3 Ahli Media. Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil sangat berguna, hal ini diketahui berdasarkan penilaian dari Ahli Materi mendapat rerata skor validitas Aiken’s V sebesar 0,87 dengan kategori “Sangat Berguna”; penilaian dari Ahli Media mendapat rerata skor validitas Aiken’s V sebesar 0,82 dengan kategori “Sangat Berguna”; Rerata skor validitas Aiken’s V secara keseluruhan sejumlah 0,84 yang berarti termasuk dalam kategori “Sangat Berguna”. 2) Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi ditandai dengan rerata skor per anak meningkat dari 69,5 dengan persentase 70% menjadi 75,56 dengan persentase 76%. Peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 6 skor atau dengan persentase 6%. Pada hasil uji t berpasangan diperoleh korelasi sebesar 0,819 dan thitung sebesar -5,194 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil, maka kesimpulannya adalah penggunaan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Film, Motivasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Sep 2016 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 10:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41317

Actions (login required)

View Item View Item