Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap

Masitoh, Lisda Fitriana (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lisda-fitriana-masitoh-14709251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematika siswa SMP yang layak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan. Model pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir dan diseminasi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII-3 SMP N 5 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket penilaian guru, angket penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar materi transformasi, tes prestasi belajar materi statistika dan peluang, tes berpikir kreatif materi transformasi, tes berpikir kreatif materi statistika dan peluang serta angket self efficacy matematika. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif menjadi data kualitatif berupa kategori yang ditentukan. Perangkat pembelajaran dinyatakan valid jika hasil penilaian validator minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru dan hasil penilaian siswa, masing-masing minimal berkategori “baik” serta persentase keterlaksanaan pembelajaran minimal mencapai 80%. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar minimal mencapai 75%, persentase banyaknya siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif minimal tinggi mencapai 70% dan persentase banyaknya siswa yang mempunyai self efficacy minimal tinggi mencapai 70%. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari 7 RPP dan 25 LKS untuk siswa SMP kelas VII semester genap yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematika siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), berpikir kreatif, self efficacy
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Sep 2016 09:51
Last Modified: 24 Oct 2022 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41311

Actions (login required)

View Item View Item