KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN BERDASARKAN JENJANG KELAS

Suci Wulandari, Febrina (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN BERDASARKAN JENJANG KELAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FEBRINA SUCI WULANDARI.pdf

Download (714B) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains (KBDKPS) aspek kehidupan siswa SD di Kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan jenjang kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD di Kota Yogyakarta. Sampel sebanyak 1.658 siswa kelas IV, V, dan VI dari 12 sekolah dasar yang tersebar di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Yogyakarta Utara dan UPTD Yogyakarta Timur ditentukan dengan purposive sampling. Variabel penelitian ini yaitu kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD, jenjang kelas, dan kefavoritan sekolah. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes Kreativitas Keterampilan Proses Sains Aspek Kehidupan (KKPSAK) dan instrumen penilaian RPP. Hasil analisis menggunakan statistika deskriptif menunjukkan rata-rata skor KBDKPS testi kelas IV sebesar 12,64 (kategori rendah), kelas V sebesar 16,93 (kategori sedang), dan kelas VI 18,72 (kategori sedang). Semakin tinggi jenjang kelas skor KBDKPS siswa dan penilaian RPP guru berbasis KBDKPS juga semakin tinggi. Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, jenjang kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 14 Sep 2016 04:26
Last Modified: 30 Jan 2019 10:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41307

Actions (login required)

View Item View Item