KETERKAITAN ANTARA LANGGAM BELAJAR DENGAN KARAKTER ILMIAH YANG MUNCUL DALAM PERKULIAHAN KESEHATAN LINGKUNGAN MATERI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNY

Yurian Wahid, Fatharani (2016) KETERKAITAN ANTARA LANGGAM BELAJAR DENGAN KARAKTER ILMIAH YANG MUNCUL DALAM PERKULIAHAN KESEHATAN LINGKUNGAN MATERI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FATHARANI YURIAN WAHID.pdf

Download (714B) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langgam belajar yang dimiliki mahasiswa, karakter ilmiah yang dapat berkembang pada diri mahasiswa, dan keterkaitan antara langgam belajar terhadap karakter ilmiah yang muncul dalam perkuliahan kesehatan lingkungan dengan materi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jenis penelitian ini adalah deskriptif, di mana peneliti akan melihat bagaimana pola antara karakteristik setiap jenis langgam belajar yang dimiliki mahasiswa dengan karakter ilmiah yang muncul dalam perkuliahan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UNY yang mengikuti mata kuliah pilihan Kesehatan Lingkungan. Objek penelitian ini berupa macam langgam belajar berdasarkan teori experiental learning yang dikemukakan oleh David A. Kolb, serta karakter ilmiah yang muncul dalam perkuliahan melalui pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa tes langgam belajar (Learning Style Inventory) yang diadaptasi dari Kolb dan McCarthy serta instrumen karakter ilmiah yang dimodifikasi oleh Siti Maryam, dkk. (2015) dari deskriptor pengukuran karakter yang disusun oleh Depdiknas (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat macam langgam belajar yang dimiliki mahasiswa yakni Divergen, Asimilasi, Konvergen, dan Akomodasi. Persentase langgam belajar yang paling banyak dimiliki adalah Asimilasi sebesar 36,67%. Terdapat delapan karakter ilmiah yang muncul antara lain Kerja Keras, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca, Tanggungjawab, Toleransi, Disiplin, Kreatif, dan Jujur. Belum semua mahasiswa dapat mencapai kategori Mulai Konsisten pada karakter ilmiah Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Terdapat kecenderungan karakter ilmiah berpengaruh terhadap macam langgam belajar yang dimiliki mahasiswa. Terdapat kesesuaian antara karakteristik mahasiswa MIPA secara umum dengan karakteristik langgam belajar Asimilasi. Kata kunci: karakter ilmiah, langgam belajar, mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 14 Sep 2016 04:23
Last Modified: 30 Jan 2019 10:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41304

Actions (login required)

View Item View Item