PENGEMBANGAN VLOGGING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR SISWA PADA KELAS XII MATA PELAJARAN MYOB MANUFAKTUR (KARTU UTANG) SMK N 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Darmawan, Reka (2016) PENGEMBANGAN VLOGGING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR SISWA PADA KELAS XII MATA PELAJARAN MYOB MANUFAKTUR (KARTU UTANG) SMK N 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Vlogging bagi siswa kelas XII SMK, (2) mengetahui kelayakan Vlogging yang dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan penilaian dari para Ahli, (3) meningkatkan antusiasme belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Vlogging. Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD). Penelitian Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang berisi 5 tahap pengembangan yaitu: 1) analysis, 2) design, 3) develop, 4) implementation, dan 5) evaluation. Pada tahap pengembangan Vlogging dinilai kelayakannya sebagai media pembelajaran oleh Ahli Materi, Ahli Media, Praktisi Pembelajaran Akuntansi. Uji coba dilakukan pada 35 siswa kelas XII AK 4 SMK N Purworejo. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Vlogging layak digunakan pada kelas XII AK 4 SMK N Purworejo. Dilihat dari hasil 1) Ahli Materi memberikan ratarata skor 3,9 yang termasuk dalam kategori “ Baik”, 2) Ahli Media memberikan rata-rata skor 4,87 yang termasuk kategori “Sangat Baik”, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi memberikan rata-rata skor 4,4 yang termasuk kategori “Sangat Baik”, 4) Siswa memberikan skor rata-rata 3,8 yang termasuk kategori “Baik”. Pada Uji Lapangan menunjukkan peningkatan antusiasme belajar siswa sebesar 9,24% dari 76,95% menjadi 86,19%. Pada pengujian uji-t diperoleh thitung sebesar -19,650 dengan sig.0,000 yang menunjukkan perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media. Dapat disimpulkan bahwa media Vlogging layak digunakan dan dapat meningkatkan antusiasme belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, Vlogging, Antusias Belajar.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 10:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41303

Actions (login required)

View Item View Item