PENGARUH LATIHAN BALL FEELING TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMA NEGERI 5 KOTA SUKABUMI

Rochman, Rudy Saeful (2016) PENGARUH LATIHAN BALL FEELING TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMA NEGERI 5 KOTA SUKABUMI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_rudy saeful rochman_11601244168.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Anggota ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 5 Kota Sukabumi belum memiliki keterampilan dribbling yang baik dari hasil observasi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler futsal dilihat dari latihan dan diperkuat dari pelatih futsal bahwa ada beberapa siswa yang kurang terampil dalam melakukan dribbling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan ball feeling terhadap peningkatan keterampilan dribbling pada Peserta Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 5 Kota Sukabumi. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain “One Group PretestPostest Design”. Populasi penelitian adalah peserta yang mengikuti ekstrrakurikuler futsal di SMA Negeri 5 Kota Sukabumi yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan dribbling adalah tes menggiring bola oleh Subagyo Irinto (1995) yang telah dimodifikasi, yang di uji coba oleh Dica Febri Wardana (2015) dengan uji validitas sebesar 0,710 dan uji reliabilitas sebesar 0,703. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, yaitu Kolmogorov-smirnov test untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t untuk pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan ball feeling terhadap peningkatan keterampilan dribbling pada peserta yang mengikuti ekstrakurikuler futsal, dengan nilai, t hitung 3,893 > t tabel 2,05 (df 29), dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan rata-rata 18.8150.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ball felling, dribbling.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:05
Last Modified: 19 Feb 2021 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41301

Actions (login required)

View Item View Item