Irawan, Ade (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Siswa SD. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ade-irawan-14711251010.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan motorik siswa SD yang baik, efektif dan menyenangkan yang dapat digunakan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R & D), yang mengadaptasi penelitian pengembangan menurut Borg and Gall, yaitu : (1) pengembangan produk awal dan validasi ahli, (2) uji coba skala kecil dan revisi, (3) uji coba skala besar dan revisi, (4) uji operasional/uji efektivitas, (5) pembuatan produk final dan diseminasi. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) wawancara; (2) skala nilai; (3) observasi draf model; (4) observasi keefektifan model. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran berbasis permainan tradisional berisikan lima permainan, yaitu: (1) bentengan, (2) kucing tikus, (3) ular naga, (4) balap karung, dan (5) egrang batok, dan bentuk buku panduan. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan guru penjas, ditarik kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran ini sangat baik dan efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, permainan tradisional, keterampilan motorik |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 09:28 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41300 |
Actions (login required)
View Item |