Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Kimia Siswa SMA Kelas X pada Materi Larutan Elektrolit

Astuti, Sri Rejeki Dwi (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Kimia Siswa SMA Kelas X pada Materi Larutan Elektrolit. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-rejeki-dwi-astuti-14728251005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian terintegrasi, mengetahui karakteristik instrumen penilaian terintegrasi, mengetahui respon guru terhadap instrumen penilaian terintegrasi, serta mengukur kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains kimia siswa SMA kelasX. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan tes McIntire yang meliputi tahapan defining the test universe, audience and purpose; developing a test plan; composing the test items; writing the administration instructions; conducting piloting test; conducting item analysis; revising the test; validation the test dan completing test manual. Produk awal ditinjau oleh peer reviewer dan divalidasi oleh panel ahli (dua ahli materi, dua ahli evaluasi pembelajaran dan dua guru kimia). Penelitian melibatkan 644 siswa kelas X di empat SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Hasil uji coba instrumen berupa data politomus dan dianalisis dengan pendekatan Partial Credit Model 1-Parameter Logistic (PCM 1-PL) menggunakan program Winstepsdan Quest. Teknik pengumpulan data meliputi angket dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi butir soal, lembar angket respon pengguna instrumen dan instrumen penilaian terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian terintegrasimemiliki indeks validitas Aiken sebesar 0,90.Instrumen dinyatakan valid baik secara validitas isi maupun validitas konstruk. Seluruh butir soal pada instrumen penilaian terintegrasi terbukti fit dengan PCM 1-PL. Tingkat kesukaran butir soal tergolong baik karena berada pada rentang -1,28 logitsampai +0,80 logit.Fungsi informasi tes pada instrumen penilaian terintegrasisebesar 9,498 logit dengan kesalahan baku estimasi 0,324 sehingga instrumen dinyatakan reliabel untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta tes pada rentang -3,45 logit sampai +2,5 logit. Respon guru terhadap instrumen penilaian terintegrasi dinyatakan baik. Oleh karena itu, instrumen penilaian terintegrasi layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains kimia siswa kelas X pada matei larutan elektrolit. Hasil pengukuran menunjukkan bahwakemampuan siswa berkisar antara -0,4 logit sampai +3 logit serta persentase penguasaan siswa mencapai 83,28% yang termasuk kategori tinggi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian terintegrasi, kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, larutan elektrolit
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:18
Last Modified: 09 May 2019 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41297

Actions (login required)

View Item View Item