PEMANFATAAN OUTBOUND “PIPA BOCOR” SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO (SAB) KLATEN

Permana, Firman Nur (2016) PEMANFATAAN OUTBOUND “PIPA BOCOR” SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO (SAB) KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Firman Nur Permana_12105244019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh outbound permainan pipa bocor” sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Alam Bengawan Solo (SAB) Klaten. Penelitian ini merupakan jenis kuasi eksperimen, dengan desain One Group Pretest-Posttest. Variabel perlakuan dalam penelitian ini adalah outbound dan variable utama adalah berpikir kritis. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V di Sekolah Alam Bengawan Solo (SAB) Klaten sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dinyatakan dalam bentuk Skala Guttman dan studi dokumenter. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik Paired-Samples T-test Hasil penelitian diperoleh nilai sebesar -2,228 dimana berada diluar dari daftar penerimaan antara -2,080 dan + 2.080 dengan nilai signifikansi (p = 0,037 < 0,05), maka dapat dikatakan terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hal ini membuktikan outbound permainan pipa bocor dapat dimanfaatkan sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 14 Sep 2016 04:23
Last Modified: 30 Jan 2019 10:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41295

Actions (login required)

View Item View Item