TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKTAKRAW PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD KRADENAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015/2016

Sudarno, Sudarno (2016) TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKTAKRAW PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD KRADENAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PAK SUDARNO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa ektrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan Karanggayam Kebumen belum pernah dilakukan tes keterampilan dasar bermain sepaktakraw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan bermain sepaktakraw peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan Karanggayam Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian adalah peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan Karanggayam Kebumen yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan metode tes keterampilan dasar bermain sepaktakraw yang terdiri dari tes sepakmula, sepaksila, sepakkuda, heading dan smash (Arif Nugroho, 2015). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa tingkat keterampilan bermain sepaktakraw peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan Karanggayam Kebumen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 siswa), “kurang” sebesar 32% (8 siswa), “sedang” sebesar 44% (11 siswa), “tinggi” sebesar 12% (3 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 12% (3 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat keterampilan, sepaktakraw, siswa ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41286

Actions (login required)

View Item View Item