KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DENGAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 GODEAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016

Suwanti, Deti (2016) KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DENGAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 GODEAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
ABSTRAK_DETI SUWANTI.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi (IBT) dengan Pemecahan Masalah (PM) dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, (2) kualitas pembelajaran kimia yang lebih baik antara model Inkuiri Bebas Termodifikasi (IBT) dan Pemecahan Masalah (PM) dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada materi Laju Reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent groups design. Penelitian ini didesain dengan satu faktor, dua sampel, tiga variabel, dan satu kovariat. Populasi penelitian ini adalah sebanyak empat kelas XI MIPA dengan jumlah 124 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas IBT sebanyak 32 peserta didik dan kelas PM sebanyak 32 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data penelitian dianalisis dengan uji Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA) dan uji analisis regresi. Hasil uji MANCOVA menunjukkan bahwa F = 0,617dan p = 0,543 artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi (IBT) dengan Pemecahan Masalah (PM) dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi (IBT) mempunyai kualitas pembelajaran yang lebih baik daripada model pembelajaran Pemecahan Masalah (PM) dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada materi Laju Reaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41277

Actions (login required)

View Item View Item