PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Ilyana, Sariyatul and Sari, Ratna Candra (2016) PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional FE UNY. ISSN 978-602-72667-1-1

[img]
Preview
Text
17 Sariyatul.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan komik edukasi “Impian Moni” sebagai media pembelajaran literasi keuangan kompetensi anggaran pribadi untuk siswa sekolah dasar; mengetahui kelayakan komik edukasi”Impian Moni”; mengetahui peningkatan pemahaman siswa mengenai pembelajaran literasi keuangan kompetensi anggaran pribadi dengan menggunakan komik edukasi “Impian Moni”. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model Four-D. Hasil penelitian menunjukkan empat tahap dalam pengembangan komik edukasi: 1) Define, 2) Design 3) Develop,dan 4) Disseminate. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi, skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,26 (Sangat Layak), aspek media sebesar 3,56 (Layak), dan aspek bahasa sebesar 3,89 (Layak). Berdasarkan respon siswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata skor aspek materi sebesar 4,10 (Layak), aspek media sebesar 3,89 (Layak), dan aspek bahasa sebesar 4,25 (Sangat Layak). Nilai gain peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan komik edukasi “Impian Moni” adalah sebesar 0,37. Berdasarkan kriteria nilai Gain menurut Hake menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa tergolong Sedang. Kata kunci: Media Pembelajaran, Literasi Keuangan, Anggaran Pribadi, Komik Edukasi

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Prosiding Seminar Nasional FE UNY 2016
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:57
Last Modified: 13 Sep 2016 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41251

Actions (login required)

View Item View Item